Wednesday, 23 December 2015

Contoh Cerita Pendek (Cerpen) Burung-burung Indah Bekicau

Suara burung berkicau di atas ranting-ranting pohon cemara. Suaranya saling melengkapi laksana nyanyian musik dangdut. Siapa saja yang mendengar suara burung-burung itu pasti akan terpesona di hatinya. Aku pun sampai terbuai oleh indahya suara burung-burung yang di atas pohon cemara itu. Aku berdiri di depan rumah sambil melihat burung-burung yang indah itu berkicau di atas pohon cemara. Jari-jari aku untuk menghitung banyaknya burung di atas pohon cemara itu tidak cukup. Karena banyak sekali burung-burung di atas pohon cemara itu.

Aku melihat burung-burung indah berkicau itu sangat senang sekali. Sesekali aku menyauti nyanyian burung-burung itu. 


Baca Juga Cerpen dan juga artikel-artikel yang menarik lainnya di www.inforku.com.


Aku menyauti burung-burung itu dengan siulan merdu yang aku keluarkan. Burung-burung itu pun semakin bersemangat untuk berkicau di atas ranting yang tinggi di sana. Aku juga senang memandang burung-burung yang indah itu. Burung-burung di atas pohon cemara itu jumlahnya banyak sekali. Tidak hanya jumlahnya yang banyak, jenisnya juga banyak. Burung-burung di atas pohon cemara itu antara lain burung beo,  burung nuri, burung merpati, burung perkutut, burung manyar, dan masih banyak burung-burung yang lain. Burung-burung di Indonesia memang jumlahnya sangat banyak sekali. Populasi burung-burung di Indonesia sangat banyak sekali. Aku bangga menjadi warga negara Indonesia. Karena negara Indonesia kaya akan burung-burung. Di Indonesia tidak hanya burung-burung yang banyak, tetapi juga hewan-hewan yang lain juga banyak sekali.


Aku duduk di depan rumah sambil minum secangkir kopi. Kopi yang aku minum adalah kopi hitam yang membuat diriku semangat. Aku minum kopi panas dengan di sertai makan pisang goreng. Selain pisang goreng, aku juga makan kripik singkong. Kripik singkong terbuat dari singkong yang diiris-iris tipis-tipis terus digoreng sampai kering. Kripik singkong memang membuat hidup suasana. Karena kalau dimakan suaranya kriuk-kriuk. Selain pisang goreng dan kripik singkong, aku juga makan buah jeruk. Buah jeruk adalah buah yang baik untuk dimakan. Buah jeruk juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan. Setelah aku menikmati suasana yang indah itu, aku mendekati burung-burung yang indah itu. Ternyata burung-burung itu ketika aku memegangnya tidak terbang. Akupun sangat senang ketika burung-burung yang indah itu aku pegang dan ternyata tidak terbang. Aku terus menangkap satu burung yang indah itu. Aku terus mengelus-ngelus burung yang indah itu. Setelah aku mengelus-ngelus burung yang indah itu, terus aku melepaskan burung yang indah itu ke alam bebas. Burung itu ternyata kembali ke pohon cemara kembali untuk menghinggap dengan tenangnya.

Aku kembali menonton burung-burung indah berkicau dengan senang. Burung-burung yang sedang terbang di atas pun tiba-tiba ikut turun untuk menghinggap dipohon cemara itu. Sekarang terkumpulah banyak sekali burung-burung indah yang menghinggap dipohon cemara itu. Aku hanya terheran dan terkagum-kagum melihat burung-burung yang indah itu. Memang hampir setiap hari burung-burung menghinggap di pohon cemara, tapi kali ini burung-burung itu jumlahnya banyak sekali. Setelah aku telah lama menyaksikan burung-burung di atas pohon cemara, selanjutknya aku masuk ke dalam rumah untuk mencuci tangan dan mencuci kaki. Setelah itu aku membaca buku yang berjudul “Burung-burung di Indonesia”. Buku itu karangan dari seorang Profesor dari Universitas ternama di Indonesia. Buku itu sangat laris di pasar. Karena di buku itu membahas masalah burung-burung di Indonesia. Aku memang suka membaca buku. Buku dengan tema pendidikan, sosial, politik, budaya dan lain-lain aku suka membacanya. Karena dengan membaca maka pengetahuan aku menjadi bertambah banyak.

Baca juga Cerpen yang menarik lainnya yaitu cerpen yang berjudul Kangkung.


6 comments:

  1. Ceritanya sangat bagus mas.
    Ide cerita itu dapat dari mana mas?

    ReplyDelete
  2. ide cerita itu dari saya sendiri mas

    ReplyDelete
  3. ini blog saya mas:
    www.inforku.com

    ReplyDelete
  4. silahkan kunjungi blog saya ini mas:
    inforku.com

    ReplyDelete