Wednesday, 2 December 2015

Contoh Cerita Pendek (Cerpen) Mengerjakan Ujian Akhir Semester

Pagi yang cerah membuat hati aku riang gembira. Tatkala sinar matahari bersinar dari ufuk timur sangat indah menyinari bumi tercinta. Aku hari ini bangun pagi, langsung mengambil air wudu terus mengerjakan solat subuh. Setelah solat subuh, aku terus mandi di kamar mandi aku. Aku mandi sangat dingin sekali karena memang pas kebetulan dikamar mandi itu Cuacananya sangat dingin. Tapi aku tekadkan untuk mandi walaupun cuacananya sangat dingin sekali. Aku memang sangat menikmati pagi yang indah ini. Setelah mandi, aku terus sarapan pagi. Aku mengunyah makanan pagi dengan semangat. Aku setiap mengecap sesuap nasi, kurang lebih 20 kecapan. Kata pak dokter kalau kita makan mengunyahnya agar yang lembut, supaya nanti ditelannya mudah dan nyaman ditenggorokan.


Aku makan dengan lahap karena memang itu makanan yang  aku suka. Aku makan sama gorengan tempe dan sayur kacang pajang. Sayur kacang panjang dan gorengan tempe memang menu makanan yang masuk dalam kategori yang aku  suka. Kacang panjang konon katanya banyak mengandung vitamin. Tempe juga konon katanya banya mengandung vitamin juga. Jadi antara tempe dengan kacang panjang banyak sekali mengandung vitamin. Tempe harganya sangat murah, kacang panjang juga harganya sangat murah. Walaupun murah tapi tetap banyak sekali mengandung vitamin. Aku makan sarapan pagi kurang lebih 10 menit. Setelah makan aku terus berangkat ke kampus. Aku seorang mahasiswa semester 6 di suatu universitas favorit di kota Jogjakarta. Aku sudah siap-siap mau berangkat untuk mengikuti ujian akhir semester. Aku berangkat ke kampus menggunakan Sepeda motor. Aku di jalan sambil berdoa semoga nanti waktu ujian aku diberi kemudahan. Sesampai di kampus aku terus memakirkan sepeda motor aku ditempat parkiran.



Setelah sepeda motor aku parkirkan, aku terus menuju ke ruang ujian untuk mengikuti ujian. Ternyata di ruang ujian sudah banyak teman-teman aku. Kursinya sudah penuh semua, tinggal satu kursi yang kosong yaitu kursi di depan sendiri. Kursi yang kosong itu tepat di depan kursi dosen. Walaupun aku duduk di depan dekat kursi pak dosen namun aku tetap percaya diri. Aku harus yakin bisa mengerjakan ujian akhir semester. Ada pepatah bilang, bahwa kita tidak boleh menyerah dulu sebelum berperang. Jadi aku tidak boleh pesimis, aku harus tetap optimis dan harus yakin mampu mengerjakan soal ujian akhir semester. Jika aku sudah maka kemengan sudah aku dapat setengahnya atau 50 %. Tinggal setengahnya lagi dengan kemampuan dan keterampilan yang aku miliki. Aku harus mengerahkan segala daya dan upaya supaya aku mendapatkan nilai yang bagus dan memuaskan. Dosen membagikan soal ujian akhir semesterannya. Dosen juga membagikan lembar jawabannya. Setelah aku terima semua, aku harus tenang dulu. Sebelum mengerjakan aku berdoa dulu kepada Tuhan Yang Maha Esa. Supaya nanti dalam mengejakan  ujian akhir semester ini dapat diberi kemudahan dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Setelah aku selese berdoa, aku terus mencoba mengerjakan soal ujian akhir semesterannya. Berkat aku berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan disertai belajar maka aku dalam mengerjakan soal ujian akhir semester diberi kemudahan. Aku mengerjakan dengan penuh percaya diri. Aku kelihatanya tanpa menemui hambatan dalam mengerjakan soal ujian akhir semester itu. Waktu ujian dua jam. Tak terasa dua jam telah berlalu dan ujiannya pun selese. Aku terus mengeumpulkan lembar jawaban ujian akhir smester itu ke pak dosen. Aku pulang dengan perasaan senang karena bisa mengerjakan soal ujian akhir semester itu dengan baik. Aku berharap nilai ujian akhir semester aku nilainya baik. Waktu demi waktu berjalan sangat cepat. Tibalah hari pengumuman ujian akhir semester. Hati aku pun was-was, berapa nialai ujiannya aku? Aku kemudian melihat dipapan pengumuman. Ketika aku melihat pengumuman, aku melihat nilai ujian aku 95. Aku sangat senang sekali. Aku bersyukur karena nilai ujian akhir semester aku memuaskan.

Demikianlah Contoh Cerita Pendek (Cerpen) yang berjudul "Mengerjakan Ujian Akhir Semester", Ada cerpen yang bagus juga yaitu cerpen yang berjudul "Baju Robek".

No comments:

Post a Comment