Monday, 15 August 2016

Pengertian Sejarah


Pengertian sejarah menurut para ahli sejarah antara lain:

a.  Herodotus (424-482)
Seorang penulis sejarah pada zaman Yunani Kuno ialah Herodotus.  Herodotus menciptakan karya pertamanya yaitu sebuah buku yang berjudul Perang Persia. Buku Perang persia ini menceritakan tentang perang yang panjang antara Yunani Kuno melawan Persia. Perang antara Yunani Kuno dengan Persia terjadi sekitar tahun 510-484 SM. Buku Perang Persia dianggap sebagai awal mula penulisan sejarah yang benar, sebab ia tidak lagi menuliskan sejarah yang banyak dipengaruhi oleh mitos. Dengan karyannya itu, maka Herodotus diberi gelar sebagai The Father of History atau Bapak Sejarah. Herodotus Memberi pandangan tentang pengertian sejarah. Menurut Herodotus, sejarah adalah satu kajian untuk menceritakan satu kitaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban.


b.  Aristoteles (350 SM)
Aristoteles berpendapat bahwa sejarah adalah suatu sistem yang mengira kejadian tersusun dalam bentuk kronologi dan semua peristiwa masa lalu mempunyai catatan dan bukti-bukti yang kuat.

c.  Ibnu Khaldun (1332-1406)
Ibnu Khaldun nama lengkapnya adalah Waliudin Abdurrahman bin Muhammad bin Abi Bakar Muhammad bin al-Hasan. Ibnu Khaldun lahir di negara Tunisia pada tanggal 27 Mei 1332 atau pada tanggal 1 Ramadhan 732 H. Ibnu Khaldun menulis kitab yang judulnya kitaab al-‘Ibar Wa Biiwan; al-Mubtada’ Wa al-Khabar fii Ayyaam al-‘Arab Wa al-‘Ajam Wa al-Barbar atau al-‘Ibar (Sejarah Ilmu). Kitab karya Ibnu Khaldun itu diterbitkan pada tahun 1284 di Kairo. Kitab karya Ibnu Khaldun itu isinya terdiri dari tujuh jilid. Jilid satu isinya didahului dengan Muqaddimah. Di dalam kitab karya Ibnu Khaldun ini mengungkapkan pendapat tentang pengertian sejarah. Di dalam kitab karya Ibnu Khaldun pengertian sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.

d.  R. Moh. Ali
R. Moh. Ali menulis buku yang berjudul Pengantar Ilmu Sejarah. Dalam bukunya itu R. Moh. Ali mengemukakan pendapatnya tentang pengertian sejarah yaitu sebagai berikut:
1.  Sejarah ialah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan sekitar kita.
2.  Sejarah adalah cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas.
3.  Sejarah ialah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa yang merupakan realitas tersebut.

e.  R. G. Collingwood
Sejarah adalah sejenis bentuk penelitian atau suatu penyiasatan tentang perkara-perkara yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.


Itulah beberapa pendapat tentang pengertian sejarah menurut para ahli. Selain menurut para ahli itu, pengertian sejarah juga terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian sejarah yaitu:
1.  Silsilah; asal-usul (keturunan)
2.  Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; riwayat; tambo.
3.  Pengetahuan atau uraian tentang peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau.

Itulah beberapa pengertian sejarah. Sebenarnya asal mula kata sejarah itu berasal dari bahasa Arab yaitu syajaratun yang artinya adalah pohon. Menurut bahasa Arab bahwa sejarah artinya sama dengan sebuah pohon yang terus berkembang dan tumbuh, mulai dari bibit yang kemudian tumbuh menjadi sebuah pohon yang sangat kompleks, dan setiap bagianya mempunyai cerita tentang proses tumbuhnya masing-masing.


Sekarang kalau kita lihat dalam bahasa Inggris, kata sejarah disebut history yang merupakan terjemahan dari bahasa Yunani adalah histories yang artinya suatu penyelidikan atau pengkajian. Kedua kata tersebut mengandung arti sesuatu yang terjadi pada masa lampau kehidupan manusia. Oleh sebab itu, sejarah dan manusia tidak dapat dipisahkan. Keduanya terus berkembang secara beriringan, mulai dari kehidupan manusia yang paling sederhana sampai ke tingkat yang modern, bahkan sampai tingkatan yang lebih maju.  

No comments:

Post a Comment