Monday, 22 August 2016

Peran Virus Dalam Kehidupan Manusia Perlu untuk Dipahami


Peran Virus Dalam Kehidupan Manusia Perlu untuk Dipahami oleh siapa saja yang ingin mendalami ilmu biologi. Karena dengan kita memahami peran virus dalam kehidupan manusia maka pengetahuan kita akan bertambah. Baiklah, Kita sekarang akan langsung saja mempelajari tentang peran virus dalam kehidupan manusia. Virus memang pada umumnya bersifat merugikan. Virus dapat menginfeksi tumbuhan, manusia, dan hewan sehingga menimbulkan penyakit. Kita akan membahas satu demi satu.


1.  Penyakit pada Tumbuhan yang Disebabkan oleh Virus

Dalam sel tumbuhan dilindungi oleh dinding sel sehingga virus sulit untuk menginfeksi sel tumbuhan. Tetapi, seandainya ada bagian tumbuhan yang rusak, maka virus dapat menginfeksi dan menimbulkan penyakit pada tumbuhan. Penyakit ini akan menyebar ke tumbuhan yang lain melalui bantuan serangga pemakan tumbuhan.

Gejala penyakit pada tumbuhan yang disebabkan virus antara lain ukuran tanaman menjadi lebih kurus dan kerdil, muncul bintik atau bercak pada daun, bunga, atau buah, dan hasil panennya berkurang.

Beberapa penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh virus contohnya sebagai berikut:

a.  Mosaik
Mosaik adalah penyakit yang menyebabkan bercak kuning pada daun tumbuhan kacang, tembakau, tomat, kedelai, kentang, dan beberapa jenis labu. Tobacco mosaic virus (TMV) adalah penyebab penyakit mosaik ini.

b.  Penyakit kuning pada tomat dan cabai yang disebabkan oleh bean golden mosaic virus atau begomovirus.

c.  Daun menggulung
Daun menggulung terjadi pada kapas, tembakau, dan lobak yang diserang turnip yellow mosaic virus (TYMV).

Tumbuhan yang terinfeksi virus biasanya tidak dapat diobati. Karena sulit untuk diobati atau mungkin tidak dapat diobati maka tumbuhan yang terkena virus itu harus dibakar supaya untuk mencegah penyebaran penyakit pada tumbuhan yang lain. Pada saat ini para ahli pertanian sedang mengusahakan cara pencegahan penyakit tumbuhan dengan cara mengembangkan bibit tumbuhan yang tahan serangan virus.

2.  Penyakit pada Manusia yang Disebabkan oleh Virus

a.  Influenza
Influenza disebabkan oleh virus golongan orthomyxovirus yang berbentuk seperti bola. Penularan virus influenza melalui udara dan masuk ke tubuh manusia melalui alat pernapasan. Pada umumnya virus influenza hanya menyerang sistem pernapasan.

Virus influenza dibagi menjadi 3 tipe berdasarkan komposisi proteinnya yaitu tipe A, B, dan C. Tipe A dan C bisa menginfeksi hewan dan manusia, sedangkan tipe B hanya bisa menginfeksi manusia saja.


Dari ketiga tipe virus influenza tersebut, tipe virus inflenza yang paling berbahaya adalah tipe A. Virus influenza tipe A ini merupakan penyebab wabah influenza pada tahun 1918, 1957, dan 1968 yang menyebabkan korban jiwa.

Ciri-ciri bagi yang terserang virus influenza yaitu kehilangan nafsu makan, hidung bersin, sakit tenggorokan, pegal linu otot, sakit kepala dan demam. Manusia yang terserang virus infuenza biasanya akan sembuh selama 3 sampai 7 hari.

Menjaga daya tahan tubuh dan menghindari kontak dengan penderita influenza merupakan suatu usaha yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit infuenza. Usaha pencegahan lainnya untuk mencegah virus influenza yaitu dengan memberikan vaksin influenza. Vaksin influenza adalah virus yang dilemahkan atau dalam keadaan tidak aktif. Seandainya manusia yang sehat diberikan vaksin influenza ini, maka tubuhnya akan membentuk kekebalan terhadap penyakit influenza.

b.  Campak

Penyebab dari Campak adalah virus paramyxovirus. Ciri-ciri jika terkena campak ialah demam tinggi, batuk, dan rasa nyeri diseluruh tubuh.

Masa inkubasi pada campak yaitu sekitar 10 hingga 12 hari. Pada awal pertama masa inkubasi, virus paramyxovirus berlipat ganda di saluran pernapasan atas yang menyebabkan gejala batuk kering dan radang tenggorokan. Pada akhir masa inkubasi, virus para myxovirus menuju darah dan beredar ke seluruh bagian tubuh, terutama kulit, sehingga terlihat bercak-bercak pada kulit.

Untuk melanjutkan Jenis penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus maka silahkan klik artikel yang judulnya ini: Lanjutan Penyakit pada Manusia yang Disebabkan oleh Virus.










No comments:

Post a Comment