Monday, 31 October 2016

Port Serial Type 2 dan Universal Serial Bus (USB) pada Komputer


Port Serial Type 2 dan Universal Serial Bus (USB) pada Komputer memang harus dipahami. Dengan kita memahami Port Serial Type 2 dan USB pada Komputer maka kita dapat menggunakan komputer dengan baik dan tepat. Kita akan membahas port serial type 2 dulu. Port serial type 2 nama lainnya adalah Personal System/2. Nama personal system/2 ini berasal dari IBM. Personal System/2 di singkat PS/2. Port serial type 2 berfungsi untuk menghubungkan mouse dan keyboard. Untuk port yang berwarna hijau adalah untuk menghubungkan dengan mouse. Sedangkan untuk port yang berwarna ungu adalah untuk menghubungkan dengan keyboard. Port serial type 2 ini dikenalkan dulu pada tahun 1987.
 
Port Universal Serial Bus (USB) pada Komputer
Port Universal Serial Bus (USB) pada Komputer
Port berikutnya yang akan kita bahas adalah USB. USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus. USB adalah port yang kegunaannya sangat banyak sekali. Kegunaan port USB antara lain untuk menghubungkan card wireless, untuk menghubungkan modem, keyboard, mouse dan lain-lainya. Port Universal Serial Bus ini adalah pengembangan dari port serial.

Orang yang pertama kali mengembangkan port USB ini adalah Ajay Bhatt. Ajay Bhatt ini awalnya bekerja diperusahan Intel. Dengan pengalamanya bekerja di perusahan Intel maka Ajay Bhat ini mengembangkan Port Universal Serial Bus (USB) ini. Di jaman sekarang memang Port yang popular adalah port USB. Fungsi dari USB tadi sudah dijelaskan di atas, sedangkan fungsi yang lain misalnya USB untuk menghubungkan flash disk, harddisk eksternal dan lain-lain.



Banyak orang yang suka menggunakan port USB karena mempunyai banyak kelebihannya yaitu sangat mudah dalam melakukan koneksi device ke komputer sehingga banyak alat yang bisa dipasangkan dengan cara plug and play. Universal Serial Bus (USB) memang sudah dirancang agar tidak bergantung pada slot ekspansi, dan USB yang dipasang itu tidak perlu melakukan booting ulang pada komputer. Selain hal yang tadi, USB juga sangat mendukung arsitektur daisychain ganda. Maksud dari daisychain ganda adalah penggunaan USB hub. Satu buah USB hub bisa menampung banyak USB device. Maksimum lima tingkat jumlah level USB hub yang tersusun. Sedangkan maksimum 127 buah untuk jumlah USB device yang dapat terkoneksi ke sebuah pengontrol Universal Serial Bus (USB).   

No comments:

Post a Comment