Saturday, 29 October 2016

Port Sistem Unit (Console) Pada Komputer


Port Sistem Unit (Console) pada komputer memang harus benar-benar dipahami. Dengan kita memahami Port Sistem Unit (Console) pada komputer maka kita dapat menggunakan komputer dengan baik dan benar. Port kegunaanya untuk mengghubungkan perangkat yang satu dengan perangkat yang lain. Port itu terdapat pada CPU komputer. Dalam CPU itu portnya banyak sekali, ada yang untuk menghubungkan mouse, ada yang untuk menghubungkan keyboard, ada yang untuk menghubungkan monitor, ada yang untuk menghubungkan speaker dan periferal yang lainnya.
 
Port Sistem Unit (Console) Pada Komputer
Port Sistem Unit (Console) Pada Komputer
Port di dalam komputer sangat banyak macamnya. Misalnya adalah port serial. Port serial ini nama lainnya adalah RS-232. Port serial mempunai Sembilan pin. Port serial fungsinya adalah untuk menghubungkan modem eksternal, mouse, dan joystick. Port serial kerjanya adalah dengan cara mengirimkan data sebanyak satu bit pada satu saat melalui kabel yang tunggal.


Contoh port berikutnya yaitu port paralel. Port paralel nama lainnya adalah DB-25. Port paralel mempunyai 25 pin. Port paralel fungsinya adalah untuk menghubungkan modem, penghubung disk, dan printer model lama. Port paralel kerjanya adalah dengan cara mengirimkan dan juga sekaligus menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu kabel. Port paralel ini diperkenalkan oleh perusahaan yang bernama Centronik. Karena yang memperkenalkan port paralel ini adalah perusahaan Centronik, maka port paralel disebut juga dengan Centronic port. Port Paralel ini sering digunakan untuk percobaan-percobaan yang sederhana dalam perancangan peralatan elektronika karena port paralel ini bentuknya sangat sederhana dilihat dari sisi pemrograman dan antarmuka dengan hadwere.


No comments:

Post a Comment