Monday, 14 November 2016

Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer yang Benar dan Baik


Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer yang Benar dan Baik adalah sangat penting karena jika kita menghidupkan dan mematikan komputer dengan cara yang benar maka komputer kita akan selalu berfungsi dengan baik. Jika kita mengabaikan cara menghidupkan dan mematikan komputer yang benar maka komputer kita akan cepat rusak. Komputer yang rusak karena disebabkan kita mengabaikan cara menghidupkan dan mematikan komputer yang benar ialah biasanya pada backing storage atau media penyimpanan. Selain itu jika kita mengabaikan cara menghidupkan dan mematikan komputer yang benar maka komputer kita akan rusak pada perangkat lunak.
 
Desktop Windows 7
Desktop Windows 7

Booting artinya adalah menghidupkan komputer. Booting atau menghidupkan komputer ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu yang pertama adalah cold booting, sedangkan yang kedua adalah warm booting. Pengertian dari Cold Booting ialah suatu proses menghidupkan komputer pada saat komputer dalam kondisi mati, caranya yaitu dengan memencet pada tombol power yang berada di CPU. Pengertian dari Warm booting ialah suatu proses menghidupkan komputer pada saat komputer dalam kondisi hidup, caranya yaitu dengan memencet tombol reset atau bisa juga dengan melakukan proses restart.

Cara Menghidupkan Komputer yang Benar

Cara menghidupkan komputer yang benar sangat penting untuk dipahami. Kali ini kita akan menghidupkan komputer dengan sisitem operasi wisndows 7. Baiklah kita langsung saja mempraktekan cara menghidupkan komputer yang benar, yaitu:

1.  Kita siapkan dulu komputernya apakah komputernya sudah terhubung dengan listrik PLN, monitor, mouse,dan  keyboard. Seandanya kita punya UPS dan stabilizer maka hubungkanlah komputer kita itu dengan UPS dan stabilizer supaya komputer kita aman.

2.  Langkah berikutnya yaitu tekan tombol powernya yang berada di CPU dan monitor. Setelah tobol tadi ditekan, kita sekarang menunggu dulu supaya proses bootingnya berjalan dengan baik sampai selesai.

3.  Jika bootingnya sudah selesai, maka berikutnya kita akan melihat munculnya tampilan desktop windows 7.

Cara Mematikan Komputer yang benar


Sekarang kita akan membahas cara mematikan kompuer yang benar. Kenapa kita harus mematikan komputer dengan benar, karena untuk keamanan hardisk dan file yang terdapat pada komputer kita.

Baiklah langsung saja kita akan membahas cara mematikan komputer yang benar:

1.  Langkah pertama yaitu kita pastikan dulu semua program aplikasi sudah ditutup.

2.  Langkah berikutnya yaitu kita klik pada menu start. Menu start ini terletak pada pojok kiri sebelah bawah desktop.

3.  Langkah berikutnya yaitu kita mengklik shut down. Setelah kita mengklik shut down, kita kemudian menunggu proses shutting down berlangsung sampai komputernya mati.

4.  Langkah berikutnya yaitu matikan monitor dengan cara memencet tombol power di monitor, dan langkah terakhir yaitu cabutlah kabel power listrik.




                                                                                          


No comments:

Post a Comment