Saturday, 26 November 2016

Era Mikro dan Era Modern Perangkat Lunak Komputer


Era Mikro dan Era Modern Perangkat Lunak Komputer adalah sebuah judul artikel kelanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas era pemula dan era stabil. Sejarah Perkembangan perangkat lunak itu sebenarnya dibagi menjadi empat era. Era tersebut yaitu era pemula (Pionir), era stabil, era mikro, dan era modern. Untuk era pemula (pionir) dan era stabil sudah dibahas pada artikel sebelumnya.
 
Era Mikro dan Era Modern Perangkat Lunak Komputer
Era Mikro dan Era Modern Perangkat Lunak Komputer
Baiklah kita akan langsung saja membahas perangkat lunak di era mikro. Pada era mikro ini, perangkat lunak berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan karena sejalan dengan berkembangnya informasi dan semakin luasnya jaringan komputer. Pada era mikro, bahwa perangkat lunak itu bisa dibedakan menjadi dua yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem ini tuganya adalah menangani penggunaaan internal. Sedangkan perangkat lunak aplikasi itu digunakan secara langsung oleh pengguna perangkat lunak untuk keperluan tertentu. Peralatan secara otomatis atau otomatisasi yang terdapat di dalam perangkat lunak itu mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan atau artificial intelegence.

Sekarang kita akan membahas perangkat lunak di era modern. Pada era modern saat ini, perangkat lunak telah terdapat di mana-mana. Perangkat lunak di era modern seperti sekarang ini sudah terdapat di sebuah superkomputer dengan jumlah prosesor 25 dan sebuah komputer genggam yang sudah dilengkapi dengan perangkat lunak yang bisa disinkronkan dengan PC. Tidak hanya pada sebuah komputer saja yang dilengkapi perangkat lunak, ternyata peralatan seperti TV, microwave, mesin cuci, AC, dan telepon juga sudah ditanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu.


Pada era modern ini, cara membuat sebuah perangkat lunak sudah tidak lagi pekerjaan segelintir orang saja, akan tetapi sudah menjadi pekerjaan orang banyak. Cara pembuatannya pun melewati beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam merancang perangkat lunak tersebut. Karena pembuatan perangkat lunak di era modern ini melibatkan berbagai disiplin ilmu, sehingga tingkat kecerdasannya pun semakin meningkat yang ditunjukan oleh perangkat lunak tersebut.  



No comments:

Post a Comment