Wednesday, 30 November 2016

Macam-macam Perangkat Lunak


Macam-macam Perangkat Lunak perlu kita pelajari supaya kita mengetahui tentang jenis-jenis dari perangkat lunak disebuah komputer. Perangkat lunak nama lainnya adalah software. Sofware atau perangkat lunak dibagi menjadi empat macam.
 
Macam-macam Perangkat Lunak
Macam-macam Perangkat Lunak
Macam-macam perangkat lunak antara lain yang pertama adalah sistem operasi (operating system), yang kedua adalah program aplikasi (application program), yang ketiga adalah bahasa pemrogaman (programming language), dan yang keempat adalah program bantu (utility).

Baiklah kita akan membahas perangkat lunak yang pertama yaitu sistem operasi. Sistem operasi atau operating system ialah program pertama yang mengatur sistem kerja komputer yang mendasar, misalnya mengatur kerja input, proses dan output, termasuk mengatur memori dan jadwal kerja prosesornya.

Sistem operasi berguna sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat lunak dan perangkat keras yang dipergunakan.  Contoh-contoh sistem operasi anta lain ialah Microsoft windows, Ubuntu, OS/2, OS/400, Linux, Unix, Sun Microsystem, IBM-DOS (IBM Disk Operating System), dan MS-Dos (Microsoft Disk Operating System).


Sistem operasi atau operating system itu sangat berkaitan erat dengan prosesor yang dipergunakan. Jenis prosesor pada PC yang umum ialah yang kompatibel dengan produk IBM dan Macintosh. Perkembangan dari software Macintosh tidak sepesat cloning IBM. Sistem Operasi cloning IBM pada saat ini ada yang komersial, yaitu sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft dan freeware (pemakai software bebas) yang dikembangkan oleh peneliti untuk open source. Open source maksudnya ialah bahan baku pembuatan bisa dibaca, sehingga hasilnya bisa ditambah atau dimodifikasi oleh setiap orang yang menggunakan itu.

Untuk melanjutkan artikel ini silahkan membaca Program Aplikasi dalam Perangkat Lunak.


No comments:

Post a Comment