Wednesday, 9 November 2016

Peralatan Pendukung dalam Komputer

Peralatan Pendukung dalam Komputer adalah suatu peralatan yang penting dalam sebuah komputer. Jika kita ingin menggunakan komputer baik itu mengaktifkan komputer maupun mematikan komputer, maka kita perlu memperhatikan prosedur menggunakan komputer yang benar. Sebelum kita memahami prosedur menggunakan komputer yang benar, alangkah baiknya kita harus memahami terlebih dahulu beberapa peralatan tambahan pada komputer yang nantinya supaya dapat menggunakan komputer dengan aman dan nyaman.
 
Peralatan Pendukung dalam Komputer
Peralatan Pendukung dalam Komputer
Peralatan pendukung komputer antara lain sebagai berikut:

1.  Instalasi Listrik yang Baik
Jika kita ingin merasa aman dan nyaman dalam menggunkan komputer maka sebaiknya kita menggunakan instalasi listrik yang baik. Kita harus menggunakan kabel power komputer yang kualitasnya bagus dan harus tahan terhadap panas. Kita juga harus menghindari dalam menggunakan sumber power secara bersama-sama dengan peralatan elektronik yang lainnya. Penggunaan kabel gulung juga harus dihindari sebab biasanya tidak tahan terhadap panas dan hal ini bisa mengakibatkan terjadinya korsleting atau hubungan arus pendek dan bahkan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.


2.  Stabilizer
Stabilizer ini fungsinya adalah untuk penyetabil tegangan listrik yang masuk ke dalam power supply komputer. Kita kadang tidak tahu jika tegangan listrik yang digunakan oleh kita kadang-kadang mengalami penaikan daya atau penurunan daya secara tiba-tiba dan tanpa pemberitahuan. Kejadian tersebut dapat kita antisipasi dengan menggunakan stabilizer, karena dengan adanya peristiwa kenaikan daya dan penurunan daya yang secara tiba-tiba dapat merusak peralatan elektronik. Di dalam stabilizer biasanya terdapat sekering. Seandainya tegangan yang masuk secara tiba-tiba mengalami kenaikan daya yang berlebihan, maka sekering stabilizer akan putus. Dengan sekering yang putus itu maka komputer akan tetap terlindungi secara aman.

Disarankan terus membaca artikel ini:Uninterruptible Power Supply (UPS) dan Air Conditioner (AC)

No comments:

Post a Comment