Saturday, 19 November 2016

Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak (Software)

Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak (Software) di dalam komputer sangat perlu kita pahami. Dengan kita memahami sejarah perkembangan perangkat lunak (software) di dalam komputer maka pengetahuan kita akan bertambah.
 
Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak (Software)
Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak (Software)
Pada dasarnya data diproses di dalam komputer menjadi sebuah informasi yang bermanfaat. Diharapkan dengan menggunakan komputer maka bisa mempermudah dan dapat meningkatkan hasil kinerja. Selain itu dengan kita menggunakan komputer maka kita dapat memecahkan berbagai macam masalah yang ada di dalam kehidupan.

Data sebelum jadi informasi, data itu akan diproses dulu didalam hardware (perangkat keras). Data diproses dengan menggunakan software (perangkat lunak). Pengertian dari software atau perangkat lunak ialah suatu program yang isinya tentang instruksi untuk melakukan suatu proses pengolahan data. Hardware tidak akan berguna tanpa adanya software. Sebaliknya, bahwa software juga tidak akan berguna tanpa adanya sudatu hardware. Software dan hardware adalah suatu perangkat yang memang saling berkaitan sehingga komputer bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Perangkat lunak mempunyai bentuk yang paling sederhana yaitu mempergunakan bentuk aljabar Boolean. Aljabar Boolean ini direpresentasikan sebagai binary digit (bit). Binary digit (bit) adalah 1 (benar) atau 0 (salah). Dengan mengggunakan cara itu tentu saja sangat menyulitkan. Karena menggunakan cara itu sulit maka orang-orang mulai mengelompokkan bit itu dan akan menjadi 4 bit (nible), 8 bit(byte), 16 bit (word), dan 32 bit (double word). Kelompok-kelompok bit itu akan disusun ke dalam sebuah struktur instruksi, contohnya penyimpanan, operasi logika, transfer, dan oprasi aritmatika. Bentuk-bentuk bit tersebut akan dirubah menajadi sebuah kode-kode yang bisa disebut juga dengan nama assembler.


Kode-kode mesin ternyata juga masih cukup menyulitkan sebab tuntutan untuk bisa menghafalkan kode mesin itu dan format (aturan) penulisan kode mesin itu yang cukup membuat kita kebingungan. Dengan adanya permasalahan ini kemudian lahirlah sebuah bahasa pemrogaman tingkat tinggi yang bentuknya seperti bahasa manusia atau bahasa Inggris. Pada saat ini, pembuatan software telah menjadi sebuah proses produksi yang sangat kompleks. Selain kompleks pembuatan software juga dengan urutan proses yang cukup panjang dan juga melibatkan banyak orang didalam pembuatan software tersebut.     


No comments:

Post a Comment