Saturday, 26 November 2016

Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak : Pembagian Perangkat Lunak


Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak : Pembagian Perangkat Lunak adalah sebuah judul artikel yang akan membahas Pembagian perangkat lunak di lihat dari beberapa era. Era dalam pembagian perangkat lunak itu ada empat era, yaitu era pemula, era stabil, era mikro, era modern.
 
Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak : Pembagian Perangkat Lunak
Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak : Pembagian Perangkat Lunak
Baiklah kita akan membahas yang pertama yaitu era pemula. Era pemula atau disebut juga pionir. Perangkat lunak pada era pemula atau pinonir bentuknya pada mulanya yaitu sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam sebuah komputer. Jika ingin mengakses komputer pada era pemula ini caranya ialah dengan cara menggunakan punched card. Punched card ini maksudnya adalah kartu yang dilubangi. Penggunaan komputer pada era pemula ini masih dilakukan dengan secara langsung oleh sebuah program untuk sebuah mesin dengan tujuan tertentu.

Era yang kedua adalah Era stabil. Pada era stabil ini, komputer yang digunakan sudah banyak dipakai. Pada era stabil ini komputer yang digunakan banyak dari kalangan peneliti, akademisi, dan juga oleh kalangan industri atau perusahaan. Perusahaan atau industri perangkat lunak banyak bermunculan. Perangkat lunak mulai bergerak menjadi sebuah produk. Selain itu, perangkat lunak juga sudah mulai dapat menjalankan beberapa fungsi.


Pada era stabil ini, baris-baris perintah peringkat lunak yang dijalankan komputer itu tidak lagi satu demi satu, akan tetapi sudah seperti banyak proses yang dikerjakan secara serempak atau multi tasking. Pada era stabil ini, sebuah perangkat lunak akan mampu menyelesaikan banyak pengguna atau multi user dengan secara cepat atau langsung atau real time. Pada era stabil ini, mulai diperkenalkan sistem basis data yang fungsinya memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang diproses).     

Untuk melanjutkan artikel ini diharapkan anda membaca artikel yang berjudul "Era Mikro dan Era Modern Perangkat Lunak Komputer."


No comments:

Post a Comment