Tuesday, 20 December 2016

Bahasa Pemrogaman (Programming language) dalam Komputer


Bahasa Pemrogaman (Programming language) dalam Komputer adalah artikel kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Program Aplikasi Browser dan Program Aplikasi CAD (Computer Aid Design).
 
Bahasa Pemrogaman (Programming language) dalam Komputer
Bahasa Pemrogaman (Programming language) dalam Komputer
Pada saat ini kita akan membahas tentang bahasa pemrograman. Bahasa pemrogaman atau programming language ialah bahasa komputer yang dipergunakan dan berguna untuk membuat suatu program atau suatu aplikasi dengan bahasa yang memiliki aturan, prosedur tertentu, metode, dan struktur dari program itu sendiri. Komputer itu mengerjakan transformasi data berdasarkan pada kumpulan perintah program yang sudah dibuat oleh program itu.

Kumpulan perintah itu harus dimengerti oleh komputer, bermakna, dan berstruktur tertentu (syntax). Bahasa yang telah dibuat itu selanjutnya akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin supaya bisa dimengerti oleh komputer.

Tingkat bahasa pemrogaman ada tiga tingkat, yaitu bebagai berikut:

Tingkat bahasa pemrograman yang pertama yaitu bahasa tingkat rendah. Bahasa tingkat rendah atau low level language ialah bahasa pemrograman generasi yang pertama.

Bahasa pemrograman tingkat rendah ini sangat sulit untuk dimengerti sebab intruksinya mempergunakan bahasa rakitan dan bahasa mesin. Bahasa rakitan atau assembly language penggunaan intruksinya sudah mendekati bahasa sehari-hari yaitu menggunakan bahasa inggris, akan tetapi bahasa rakitan ini masih sulit untuk dipahami sebab banyak mempergunakan sinkatan-singkatan. Contoh singkatan dalam bahasa rakitan misalnya STO yang artinya simpan (STORE). Contoh lainnya misalnya MOV artinya pindahkan (MOVE). Yang berikutnya yaitu bahasa mesin. Bahasa mesin atau machine language mempergunakan pengodean bahasa dengan bilangan biner angka 0 dan 1.


Bahasa tingkat rendah atatu low level language contohnya assembly language (assembler), machine language, dan RPG (Report Program General). RPG ini adalah program yang digunakan untuk mendesain laporan.

Untuk melanjutkan artikel ini silahkan melanjutkan membaca artikel Bahasa Tingkat Menengah dan Bahasa Tingkat Tinggi Pemrogaman.





No comments:

Post a Comment