Wednesday, 21 December 2016

Bahasa Tingkat Menengah dan Bahasa Tingkat Tinggi Pemrogaman


Bahasa Tingkat Menengah (Middle Level Language) dan Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language) Pemrogaman adalah suatu artikel kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Bahasa Pemrogaman (Programming language) dalam Komputer. Sudah kita ketahui bersama bahwa tingkat bahasa pemrograman ada tiga, yaitu bahasa tingkat rendah, bahasa tingkat menengah, dan bahasa tingkat tinggi. Bahasa tingakat rendah pemrograman sudah kita pelajari diartikel sebelumnya. Sekarang kita akan membahas yang berikutnya yaitu bahasa tingkat menengah pemrograman terlebih dahulu.
 
Bahasa Tingkat Menengah dan Bahasa Tingkat Tinggi Pemrogaman
Bahasa Tingkat Menengah dan Bahasa Tingkat Tinggi Pemrogaman
Bahasa tingkat menengah (middle level language) ialah bahasa pemrograman yang aturan-aturan penulisanya mendekati bahasa manusia. Bahasa tingkat menengah ini serupa dengan bahasa tingkat tinggi, akan tetapi mempunyai kemampuan kecepatan proses dan pengaksesan perangkat keras yang hampir sama dengan low level language atau bahasa tingkat rendah. Contoh salah satu bahasa yang termasuk kategori bahasa tingkat menengah ialah C.

Selanjutknya kita akan membahas tingkat bahasa pemrograman yang berikutnya yaitu bahasa tingkat tinggi atau high level language. Bahasa pemrograman tingkat tinggi atau high level language ini dekat dengan bahasa manusia. Bahasa pemrograman tingkat tinggi ini mempunyai kelebihan utama yaitu mudah untuk diperbarui, mudah dibaca, dan mudah ditulis. Sebelum kita menjalankan bahasa pemrograman tingkat tinggi ini, maka kita harus terlebih dahulu mengkompilasi program itu. Contoh dari bahasa pemrograman tingkat tinggi ialah: Java, PHP, ASP, XML, Informix, Visual Studio (Visual Basic dan Visual Fox Pro), Basic, Phyton, Perl, MS-SQL, Oracle, Delphi, Pascal, Lisp, Fortran, C, C++, Cobol, Ada, dan Algol.

Pada saat sekarang ini, bahasa pemrogaman itu ternyata dikelompokan menjadi lima generasi. Bahasa pemrograman itu mempunyai karakteristik tersendiri pada setiap genarasinya. Pada dasarnya setiap generasi bahasa pemrograman semain maju maka orientasinya bahasa pemrogaman itu akan semakin lebih dekat dengan bahasa manusia.



Untuk melanjutkan artikel ini silahkan membaca artikel berikutnya yaitu Pengelompokan bahasa pemrograman berdasarkan generasinya.

No comments:

Post a Comment