Monday, 5 December 2016

Program Aplikasi dalam Perangkat Lunak


Program Aplikasi dalam Perangkat Lunak adalah suatu judul artikel kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul macam-macam perangkat lunak. Program Aplikasi ini termasuk jenis perangkat lunak yang harus kita pahami jika kita ingin mendalami tentang perangkat lunak tersebut.
 
Program Aplikasi dalam Perangkat Lunak
Program Aplikasi dalam Perangkat Lunak
Pengertian dari program aplikasi ialah perangkat lunak atau software yang dirancang secara khusus untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu. Sofware atau perangkat lunak aplikasi ini merupakan bagian perangkat lunak yang banyak digunakan dan terus berkembang.

Program aplikasi ternyata juga ada yang bersifat komersial, shareware (penggunaannya terbatas sampai jangka waktu tertentu, untuk mempergunakan aplikasi tersebut maka harus membeli lisensinya kembali), freeware, dan open source.

Program aplikasi dibagi menjadi:

Jenis program apikasi yang pertama yaitu word processing. Word processing ialah suatu aplikasi yang orientasinya pada pengolahan kata. Contoh dari aplikasi word processing misalnya: Microsoft Word, Word Star, Word Perfect, Open Office Writer, dan Chi Writer. Aplikasi Word processing ini dapat membantu kita dalam membuat dokumen surat, karya tulis, dan CV. Software atau perangkat lunak pengolahan kata dibagi menjadi dua, yaitu berbasis grafis dan berbasis teks. Tetapi pada saat ini, perangkat lunak aplikasi berbasis teks telah ditinggalkan sebab dianggap sudah usang dan kurang menarik. Perangkat lunak atau software yang paling umum dipergunakan ialah yang berbasis grafis. Perangkat lunak berbasis grafis contohnya adalah Microsoft Word.


Jenis program alikasi yang kedua yaitu Spreadsheet. Spreadsheet ialah suatu aplikasi yang orientasinya cenderung pada pengolahan angka. Contoh dari aplikasi spreadsheet misalnya Microsoft Exel, OpenOffice Calc, Lotus, SuperCalc, Quattro, dan Symphony.

Untuk Melanjutkan artikel ini silahkan membaca artikel Program Aplikasi Presentasi.


No comments:

Post a Comment