Friday, 23 June 2017

Cara untuk Menghindari Serangan Virus Pada Komputer



Antivirus di dalam sebuah komputer memang harus selalu diupdate supaya kita mengenal jenis virus apa yang menyerang dalam komputer kita. Komputer yang terserang virus biasanya bisa dirasakan penggunaanya, misalnya komputer sering terjadi hang, hardisk menjadi penuh, memori berkurang, proses kerja komputer berjalan lambat, dan lain sebagainya.
 
Cara untuk Menghindari Serangan Virus Pada Komputer
Antivirus
Pada bagian dibawah ini akan dijelaskan beberapa cara supaya komputer kita terhindar dari serangan virus komputer.

Beberapa cara untuk menghindari serangan virus pada komputer antara lain:

1.       Cara yang pertama adalah memberikan proteksi komputer dengan antivirus.

Langkah ini ialah langkah awal dalam memberikan perlindungan komputer terhadap serangan virus, baik itu virus lokal maupun virus jaringan. Kita bisa mempergunakan antivirus yang banyak beredar di pasaran, misalnya Kaspersky, Smadav, AVG, McAfee VirusScan, dan Norton AntiVirus.

2.       Cara yang kedua ialah melakukan update antivirus dan database-nya

Sesudah kita menginstal komputer dengan menggunakan antivirus, hal yang tidak boleh dilupakan ialah untuk selalu melakukan kegiatan update antivirus tersebut. Hal ini sangat diperlukan sebab perkembangan virus dan antivirus itu saling kejar mengejar. Seandainya kita tidak melakukan update, maka virus-virus baru tidak akan bisa terdeteksi oleh antivirus. Kita melakukan update antivirus paling tidak satu minggu sekali.

3.       Cara yang ketiga ialah kita harus berhati-hati terhadap file kiriman atau file hasil download.

Virus komputer ternyata bisa menyebar melalui file. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati terhadap file baru yang didapatkan dari hasil download atau kiriman melalui e-mail ataupun file yang baru disalin dari media penyimpanan yang lain. Jika menerima file kiriman atau file hasil downloadan seabaiknya kita jangan langsung terburu-buru untuk menjalankan file tersebut, akan tetapi alangkah baiknya kita melakukan scanning dengan menggunakan antivirus.

4.       Cara yang keempat ialah kita harus mengetahui kondisi dan kinerja komputer.

Kondisi dan kinerja komputer biasanya hanya bisa diketahui oleh pemilik komputer tersebut. Keganjilan-keganjilan yang terjadi terhadap komputer milik sendiri harus bisa dideteksi oleh pemiliknya. Kita ambil contoh misalnya, melakukan restart sendiri, sering terjadi hang, kinerja komputer menjadi lambat, dan lain-lain. Kita harus selalu waspada, kemungkinan gejala-gejala itu diakibatkan oleh virus komputer.

5.       Cara kelima ialah melakukan backup data secara rutin.



Jika di dalam komputer kita banyak data-data yang sangat penting maka kita sebaiknya membackup data-data tersebut secara rutin. Kita pastinya tidak menginginkan file kita hilang atau rusak yang diakibatkan oleh serangan virus komputer. Supaya data-data kita aman lakukanlah backup terhadap file yang penting ke dalam flash disk, hardisk eksternal, atau kedalam CD.    

No comments:

Post a Comment