Saturday, 10 June 2017

Perangkat Lunak untuk Keamanan Komputer (Antivirus)



Dalam upaya untuk meningkatkan keamanan dalam sebuah komputer dari segala serangan virus-virus maupun serangan hacker, maka diperlukanlah perangkat lunak. Perangkat lunak tersebut misalnya seperti firewall dan antivirus.
 
Perangkat Lunak untuk Keamanan Komputer (Antivirus)
Perangkat Lunak untuk Keamanan Komputer (Antivirus)
Sering kita mendengar virus menyerang komputer. Sebenarnya apa pengertian virus itu? Jawabannya yaitu virus ialah suatu program yang menyusup dan bisa berkembang biak sendiri salam sebuah media penyimpanan dan memori suatu komputer.

Suatu virus yang menyerang komputer itu jenisnya bervariasi. Jenis virus yang bervariasi maksudnya banyak sekali jenisnya, baik itu virus lokal sampai virus jaringan. Pada saat ini sudah banyak sekali perangkat lunak antivirus. Perangkat lunak antivirus sekarang sudah berkembang. Contoh perangkat lunak anti virus misalnya: AVG, PCMAV, Smadav, Kaspersky, dan Norton.

Antivirus sangat diperlukan oleh komputer kita supaya komputer kita aman dari virus. Apalagi jika komputer kita sering terhubung pada jaringan internet dan LAN, maka komputer yang sering terhubung dengan internet dan LAN sangat membutuhkan sekali yang namanya antivirus, supaya komputernya aman dari virus.



Disekolahan biasanya terdapat laboratorium komputer. Laboratorium komputer itu biasanya sudah terhubung jaringan. Komputer itu dianjurkan untuk membuat atau memasang software perlindungan. Sofware perlindungan yang dipasang itu yaitu antivirus dan firewall. Jika kita mempergunakan komputer dalam jaringan tanpa memberikan perlindungan terhadap virus maka sama saja dengan mengirimkan prajurit perang ke medan pertempuran tanpa dibekali senjata. Maka prajutit itu akan kalah. Jadi supaya prajurit itu menang dalam pertempuran, maka prajurit itu harus dibekali senjata. Hal itu sama dengan komputer, supaya komputernya aman maka komputer itu harus dipasang antivirus.  

No comments:

Post a Comment