Sunday, 18 June 2017

Virus Komputer Perlu Kita Waspadai



Pada saat ini sudah berkembang banyak sekali virus komputer, baik yang sifatnya hanya sekedar iseng maupun yang sifatnya sudah merusak. Pada zaman dahulu, virus komputer menyerang file yang ada ekstensinya com atau exe, dan menyerang boot sector disk. Akan tetapi, pada saat ini virus yang berkembang tidak hanya bisa menyerang executable file (*.com, *ocx, dan *exe), virus komputer juga bisa menginfeksi file dokumen (*.dot, *.xls, dan *.doc). Dan yang lebih merusak lagi dari keganasan virus komputer adalah ternyata virus komputer juga bisa merusak perangkat keras komputer.
 
Virus Komputer Perlu Kita Waspadai
Virus Komputer Perlu Kita Waspadai
Virus komputer itu sama dengan virus yang menyerang pada manusia. Seandainya tidak diobati, maka virus itu akan berkembang terus. Virus komputer dapat menggandakan diri melalui program (file) yang sudah terinfeksi disebuah media penyimpanan (misalnya CD-ROM, flash-drive, harddisk, dan disket).

Pada saat ini, virus komputer banyak menyebar melalui internet, baik dalam bentuk Trojan, spam (junk e-mail), atau worm. Selain itu, pada saat ini ternyata virus juga telah menyerang ponsel dengan tranmisi data melalui fasilitas Bluetooth.


Ciri-ciri virus komputer itu bermacam-macam. Ada virus komputer yang berkembang dan aktif begitu program yang terinfeksi virus itu dijalankan. Ada pula virus komputer yang aktif Cuma pada hari atau tanggal tertentu, bahkan ada pula virus yang menyamar sebagai program-program tools, yang menurut pikiran kita bahwa program itu sangat berguna, akan tetapi pada saat progam itu dijalankan maka dapat menyebabkan komputer ada masalah tanpa disadari oleh kita. Virus seperti ini sering juga disebut dengan Trojan.


No comments:

Post a Comment