Tuesday, 1 August 2017

Cerita Pendek (Cerpen) Arti sebuah Persahabatan


Sahabat dan persahabatan memang dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan ini, terutama bagi kalangan anak muda. Dari persahabatan kita dapat mengenal sebuah hubungan pertama kali sebelumnya beranjak ke hubungan suatu percintaan. Namun, pada akhirnya kita menyadari bahwa persahabatan lebih luhur, dibandingkan suatu percintaan.
 
Cerita Pendek (Cerpen) Arti sebuah Persahabatan
Cerita Pendek (Cerpen) Arti sebuah Persahabatan
Suatu ketika, di pagi yang cerah seorang gadis duduk di agunan, gadis itu bernama Indah.  Dia merasa kesepian. Tiba -  tiba seorang perempuan bernama Yasmin dan seorang lelaki bernama Aldo menghampirnya. Indah kebingungan atas kedatangan Yasmin dan Aldo. Dalam hatinya bertanya, Siapa dia? Apa tujuan mereka menghampiriku?

“Hai, namaku Yasmin, salam kenal” sapa Yasmin kepada indah
“Hai, namaku Aldo, salam kenal” sapa Aldo kepada Indah
“Kalau kamu siapa ?” tanya Yasmin dan Aldo
“Emm, namaku Indah, salam kenal juga ya” jawab Indah, kemudian mereka saling tersenyum.
“Kamu lagi ngapain disini ?” tanya Aldo pada Indah.
“Di rumah lagi sepi, jadi aku main ke sini. Kalian juga ngapain ke sini ?” Jawab Indah.
“Kita mau main di sini, eh kita liat kamu lagi mainan ayunan sendiri. Yaudah kita samperin aja, siapa tau kamu butuh teman ngobrol” jawab Yasmin.

Akhirnya mereka pun saling ngobrol, hingga mereka semakin dekat layaknya sahabat sejati. Setelah beberapa bulan bersahabat Indah memiliki rasa kepada Aldo, Indah menceritakan semuanya kepada Yasmin, tanpa Indah ketahui, Yasmin juga memiliki rasa yang sama seperti Indah kepada Aldo. Yasmin sadar akan hal itu dan memutuskan mengalah dan menghilangkan rasanya pada Aldo. Yasmin tak pernah lagi berbicara dengan Aldo semenjak ia mengetahui Indah menyukai Aldo. Yasmin selalu menghindar bila bertemu Aldo, hingga suatu hari Indah memdatangi Yasmin di rumahnya.


“Yasmin, kenapa kamu tidak pernah ikut kumpul lagi bareng aku dan Aldo ?” tanya Indah dengan rasa kebingunan.
“Aku lagi sibuk aja akhir – akhir ini, maaf ya aku gak bisa ikut kalian kumpul” jawab Yasmin.

Indah lalu pulang ke rumahnya, dia berfikir apakan Yasmin benar – benar atau hanya sekedar alasan untuk menutupi sesuatu darinya. Lalu Indah membicarakan itu dengan Aldo, akhirnya Aldo dan Indah mulai menyusun suatu rencana untuk mengetahui apa yang terjadi dengan Yasmin. Aldo mulai mengenalkan Leny kepada Indah, Indah adalah sepupu dari Yasmin. Aldo dan Indah pergi ke rumah Leny untuk mencari informasi mengenai Yasmin yamg akhir – akhir ini sifatnya berbeda dari hari biasanya. Setibanya di rumah Leny, Aldo mengetuk pintu rumah Leny dan Leny pun membukakannya.

“Aldo, ada apa ya ? Ini siapa?” tanya Leny.
“Hai Leny, kita ada perlu sama kamu, bisa gak ? Oh iya, kenalin ini Indah sahabat aku.” Tutur Aldo.
“Hai Leny, saya Indah. Salam kenal ya.” Sapa Indah kepada Leny.
“Hallo Indah, salam kenal, silahkan masuk.” Jawab Leny.
“Begini Len, aku, Indah dan Yasmin kan udah sahabatan sudah agak lama, tapi gak tau kenapa sekarang Yasmin mulai berubah ke kita. Sekarang dia jadi jarang kumpul bersama kita, setiap kali bertemu dengan aku dia selalu menghindar. Kamu tolong cari tau kenapa Yasmin jadi begini ya, kamu kan sepupunya.” Cerita Aldo kepada Leny.
“Oh iya, besok aku coba cari tau kenapa sepupuku jadi seperti itu kepada kalian.”Jawab Leny.

Keesokan harinya, Leny memutuskan untuk pergi ke rumah Yasmin tanpa sepengetahuan Yasmin. Leny mencurigai adanya indah dalam persahabatan Aldo dan Yasmin yang membuat Yasmin menjadi berubah, Leny memikirkan cara agar dirinya dapat mencari informasi tentang Yasmin, sedangkan Yasmin sangat tertutup tentang masalah pribadinya. Setibanya di rumah Yasmin,

Leny mengetuk pintu tetapi tidak ada  yang membukakannya, Leny mencoba melihat lewat kamar Yasmin dan dirinya melihat Yasmin sedang murung. Tanpa pikir panjang, Leny langsung masuk ke rumah Yasmin lewat pintu depan yang ternyata tidak dikunci.

“Kamu kenapa ? Kamu ada masalah apa sampai kamu murung seperti itu ?” tanya Leny sambil memeluk Yasmin.
“Loh Leny ? Sejak kapan kamu disini ? Aku gak papa kok.” Jawab Yasmin sambil melepaskan pelukan Leny.
“Kamu akan tertekan jika kamu seperti ini terus, lebih baik kamu ceritakan apa yang sedang kamu rasakan saat ini, mungkin aku bisa membantumu.” Jelas Leny kepada Yasmin.

Dengan perasaan sedih Yasmin menceritakan semuanya kepada Leny. Yasmin berharap dengan menceritakan masalahnya kepada Leny maka beban pikirannya akan menjadi lebih ringan. Leny mencoba untuk memberi pengarahan kepada Yasmin agar Yasmin lebih sabar dan lebih mementingkan persahabatannya dibanding perasaannya kepada Aldo.
“Sudah aku duga, pasti masalah ini ada sangkut pautnya dengan Indah.”Kata Leny.

Leny mencoba menenangkan Yasmin agar Yasmin tidak berlarut – larut meratapi kesedihannya hanya karena rasa persahabatannya berubah menjadi rasa cinta kepada Aldo. Setelah Yasmin terlihat sedikit ceria, Leny lalu pulang dan ia mengabari Aldo lewat SMS agar Aldo pergi ke rumahnya karena Leny telah mengetahui alasan kenapa Yasmin akhir–akhir ini berbeda. Mengetahui kabar itu, Aldo segera mengabari Indah untuk ke rumah Leny. Sesampainya di rumah Leny, Leny menceritakan bahwa Yasmin menyukai Aldo. Yasmin memgalah dan Yasmin selalu menghindar apabila bertemu Aldo, karena Yasmin tidak ingin rasa cintanya kepada Aldo menjadi lebih besar lagi. Leny menjelaskan apa yang didapat dengan cukup jelas.


“Ooh jadi seperti itu, Aku juga sebenarnya memiliki rasa yang sama seperti Indah kepadamu Do, tapi persahabatan kita lebih penting dari rasa suka itu ke kamu. Aku tidak berharap kita lebih, aku sadar persahabatankamu dengan Yasmin lebih lama dibanding denganku.” Jelas Indah kepada Aldo dengan rasa bersalah.

“Saran aku sih lebih baik kalian semua bersahabat saja, sebab sahabat gak akan pernah memutuskan hubungan.” Saran Leny.

Keesokan harinya, Aldo, Indah dan Leny pergi ke rumah Yasmin, tetapi Yasmin tidak ada di rumahnya. Aldo berfikir mungkin Yasmin sedang di taman, karena Yasmin sering sekali pergi ke taman itu. Sesampainya di taman, Leny melihat Yasmin sedang termenung di dekat ayunan dulu pertama kali Aldo dan Yasmin menjumpai Indah. Lalu mereka bertiga memjumpai Yasmin.

“Yasmin aku minta maaf ya, gara – gara aku persahabatan kamu sama Aldo jadi berubah. Aku mau kita sahabatan lagi kaya dulu, kita bareng terus.” Ucap Indah kepada Yasmin.
“Gak papalah, aku fikir juga lebih baik kita semua bersahabat. Rasaku terhadap Aldo juga sudah tidak ada lagi kok, aku lebih memilih persahabatan dari pada rasa saling suka antar kita, lebih baik saling bersahabat dari pada saling suka.” Jawab Yasmin sembari tersenyum kepada mereka.

Akhirnya mereka kembali bersahabat tanpa memikirkan rasa saling cintanya, mereka sadar akan arti persahabatan.



No comments:

Post a Comment