Saturday, 9 September 2017

CERPEN “LIBURAN DI PANTAI MENGANTI”


Ada banyak pantai di kabupaten Kebumen, Jawa Tengah yang sangat indah menawan, seperti pantai Petanahan, pantai Menganti, pantai Bocor, pantai Suwuk, pantai Karang Bolong dan masih ada beberapa lagi. Sebagai orang asli Kebumen sudah banyak pantai yang saya datangi, kecuali pantai Menganti, hehehe... Entah kenapa, selama bertahun-tahun tinggal di Kebumen, belum ada keinginan sama sekali untuk mendatangi pantai menganti ini. Padahal sudah banyak informasi dari teman-teman yang pernah ke pantai Menganti mengatakan bahwa pantai ini indah sekali, keren, tapi akses jalannya kurang memadai karena jalannya yang begitu menanjak dan berbahaya.
 
CERPEN “LIBURAN DI PANTAI MENGANTI”
CERPEN “LIBURAN DI PANTAI MENGANTI”
Sampai akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke sana bersama teman-teman. Saya pergi kesana di waktu libur tentunya untuk liburan hehehe…. Karena sudah lama saya ingin pergi kesana tapi baru waktu itu saya sempat ke pantai Menganti.

Kami masih bingung menetukan jalan untuk pergi ke sana, karena memang banyak pilihan jalan untuk pergi ke Pantai Menganti. Ada yang mengusulkan lewat jalan selatan saja karena jalannya yang bagus, ada yang mengusulkan lewat jalur utara tapi mengingat akses jalannya masih jelek dan kami tidak memakai helm. Setelah lama menimbang-nimbang maka kami memutuskan lewat jalur selatan saja.

Lokasi pantai Menganti tidak terlalu jauh dari kota Kebumen. Sekitar satu jam kami sudah sampai di lokasi. Biaya masuknya juga murah, cukup Rp.10.000 per orang, dan ada biaya parkir juga (tapi lupa harganya karena kita membayar bersama-sama). Tempat parkirnya luas sekali, jadi pengunjung bisa bebas memilih tempat parkir. Selain itu pengunjung juga bebas memilih tempat menggelar tikar untuk tempat piknik. Kami memilih tempat dibawah pohon yang lumayan rindang.

Kami istirahat dulu di bawah pohon sambil menikmati pemandangan laut. Kami memang sengaja berangkat pagi agar bisa menikmati suasana pantai lebih lama. Dan pastinya kalau masih pagi pantai belum terlalu ramai. Pertama kali melihat pantainya aku langsung terpesona… wooooww… cantik sekaliii…. pantainya bersih, pasirnya putih, tampak lautan biru membentang dan deretan ombak besar yang bergulung-gulung berwarna putih.


Pemandangannya indah banget. Temanku Putri langsung lari penuh semangat menuju pantai. Ombak besar dan air jernih yang melimpah seperti ini memang sangat jarang di lihat oleh temanku. Setelah selesai sarapan kami semua langsung berlari menuju pantai. Tidak lupa pula hal yang paling wajib adalah foto-foto dulu dong.. hhehehe..

Ombaknya besar juga di sini, karena memang termasuk pantai selatan sih. Kami harus ekstra hati-hati bermain di bibir pantai. Bahkan temanku juga pernah bilang kalau di pantai ini juga bisa dipakai untuk surfing. Temanku dan saya malah seru-seruan menunggu dihantam ombak. Kalau saya cukup menikmati dari jauh saja karena agak trauma, waktu kecil pernah terbawa ombak saat bermain pasir. Masih teringat paniknya saat tidak bisa berenang dan terus terseret ke tengah laut.
Temanku sedang menunggu terjangan ombak. Tapi lama-lama penasaran juga ingin merasakan bermain dengan ombak. Akhirnya saya beranikan diri menunggu terjangan ombak, tetapi saya minta di temani. Teman-teman saya malah menertawakan ekspresi saya yang ketakutan saat diterjang ombak.

Sampai akhirnya saya malah ketagihan untuk terus bermain dengan terjangan ombak. Dan Putri juga ikut-ikutan semangat saat dirinya diterjang ombak. Wah… benar-benar menyenangkan bermain di pantai Menganti. Pasir putih yang bersih membuat pemandangan di sini semakin cantik. Banyak cangkang kerang yang berserakan, kamipun bersama-sama mengumpulkan untuk oleh-oleh. Temanku juga serius sekali saat berusaha membuat istana pasir.

Terlalu asik bermain membuat kami lupa waktu. Tidak terasa sudah jam satu siang, kamipun segera mengakhiri kegiatan kami di pantai menganti. Prasarana yang ada disini juga cukup lengkap, ada mushola, tempat makan, banyak kamar mandi dan tempat ganti, tempat penjualan souvenir, bahkan ada penginapan juga. Yang menarik di pantai ini adalah adanya tempat foto yang sangat bagus di dekat pantai. Liburan ke pantai Menganti ini benar-benar menjadi liburan yang tidak akan terlupakan. Murah meriah dan terpuaskan dengan pemandangan pantainya yang indah. Kami semua benar-benar menikmati hari itu dan tidak merasakan capek sama sekali. Bahkan kami sudah merencanakan untuk datang lagi ke pantai ini tahun depan.

Satu-satunya yang membuat saya kecewa adalah kenapa saya baru bisa datang tahun ini, selama bertahun-tahun tidak pernah terpikirkan untuk datang ke pantai ini sama sekali. Bahkan ajakan dari teman-teman saya dulu tidak membuat saya tertarik untuk ikut. Saya merasa sedikit terlambat untuk mengetahui keindahan pantai Menganti ini. Bahkan kalau saya cerita ke teman-teman tentang liburan kami ke Menganti, mereka hanya tertawa dan bilang “Dari dulu kemana aja?, Udah sering diajakin tapi ngga mau, telat banget sih baru tahu sekarang”. Yang penting saya sekarang sudah senang menikmati keindahan pantai menganti.


No comments:

Post a Comment